Kecepatan Rata-Rata Dan Kecepatan Sesaat

Penulis : Wildan_Prayogo

KECEPATAN RATA-RATA DAN KECEPATAN SESAAT


     
Kecepatan Rata-rata (v) dapat didefinisikan sebagai perbandingan perpindahan benda dengan selang waktu tertentu. kecepatan rata-rata adalah besaran vektor dengan arahnya sama dengan arah vektor perpindahannya. Misalkan dalam selang waktu ∆t, posisi partikel akan berpindah dari ~r(t) menjadi ~r(t + ∆t). Kecepatan rata-rata ( v ) dapat dinyatakan dengan pernyataan :



                                 
                                     Keterangan  : v     : Kecepatan rata-rata
                                                          ∆x  : Perubahan jarak atau perpindahan
                                                          ∆t   : Selang waktu atau waktu yang dibutuhkan saal per-
                                                                   pindahan
Jika x2 < x1, benda akan bergerak ke kiri atau mundur, berarti ∆x = x2 - x1, lebih kecil dari nol ( ∆x < 0 ). Jika x2 >x1, benda akan bergerak ke kanan atau maju, berarti ∆x = x2 - x1  lebih besar dari pada nol
( ∆x > 0 ).
Kecepatan suatu benda ada suatu saat pada satu titik lintasannya disebut kecepatan sesaat. atau kecepatan sesaat dapat didefinisikan pula sebagai kecepatan rata-rata pada limit ∆t yang menjadi semakin kecil hingga mendekati nol. Dengan demikian persamaanya dapat ditulis :


Dalam hitungan analisa harga limit , dengan mendekatnya ∆t pada harga nol ditulis dan disebut turunan atau derivat x terhadap t. kecepatan sesaat adalah besaran vektor, arahnya sama dengan arah limit vektor perpindahan ∆x. karena ∆t seharusnya positif, maka tanda v sama dengan tanda ∆x. jadi kecepata positif menunjukan pergerakan benda kearah kanan atau ke arah depan.

0 comments:

Copyright © 2012 Fisika Is Very Easy | Naruto THEME | Powered by Blogger | Designed by BRS & Original : SMK TRI SUKSES